Wednesday, October 3, 2012

Flim Prekuel, Sekuel, Spin - off dan Reboot


Saat ini, banyak flim yang tidak benar - benar baru. Makanya, muncul macam - macam istilah flim. Ada yang disebut prekuel, sekuel, spin - off dan reboot. Pembaca semua tahu tidak arti dari istilah - istilah itu?

Prekuel adalah flim yang menceritakan asal mula kisah yang terjadi pada flim sebelumnya. Biasanya menceritakan asal mula tokoh utamanya. Misalnya, dari mana si tokoh utama berasal, kenapa ia bisa punya kekuatan super dan sebagainya. Contoh flim prekuel, bulan Desember nanti akan tayang flim Hobbit. Flim ini prekuel dari 3 seri flim The Lord Of The Rings. Contoh lainnya, rencananya tahun depan akan tayang flim prekuel dari Monsters, Inc. Judulnya Monsters University.

Sekuel. Ini mungkin istilah yang paling pembaca kenal. Sekuel adalah flim kelanjutan dari flim sebelumnya. Kamu pasti tahu contohnya kan? Yep... Cars, Toy Story, Ice Age, Madagaskar, dan sebagainya. Flim - flim itu punya sekuel atau flim kelanjutannya. Psssstttt.... Finding nemo juga akan dibuat sekuelnya, loh!

Spin - off. Setiap flim punya tokoh utama. Setiap flim juga punya tokoh - tokoh lain yang menarik perhatian. Nah, tokoh - tokoh lain itu kadang dibuatkan flim sendiri. Itulah yang disebut flim Spin - off. Contohnya, flim puss in Boots adalah Spin - off dari flim Shrek. Eh, pembaca tahu tokoh Minions dari flim Despicable me? Rencananya Minions juga akan dijadikan flim spin - Off.

Reboot. Flim reboot artinya flim versi baru yang menggantikan flim lamanya. Jadi, cerita intinya tetap sama atau mirip. Tetapi para pemeran tokoh - tokohnya benar - benar baru. Contohnya, Spiderman menjadi Amazing Spiderman yang belum lama ini diputar di bioskop. Contoh lainnya, Superman yang di reboot menjadi Man Of Steel, yang akan diputar di Bioskop tahun 2013..
Nah kan kalo dah tahu istilah - istilah flim jadi gak protes taw kecewa saat nonton flim yang beda dari sebelumya :)

3 comments: